Launching Buku& Film “Mysticism”


Pendekatan dan cara untuk menggelar dialog dan kerjasama agama-agama tak selamanya berjalan mulus. Disana-sini ditemukan hambatan-hambatan yang cukup signifikan. Penyebabnya pun kian tak tunggal, mulai dari sikap mendua kitab suci (the ambivalence of the sacred), tafsir eksklusif terhadapnya sampai pada faktor-faktor non agama seperti politik, sosial, budaya. Karena hambatan-hambatan tersebut, banyak tokoh yang berpendirian bahwa hanya dalam ruang tasawuf (mysticism)-lah, titik temu, kerjasama dan dialog agama-agama bisa dilangsungkan dengan baik.

Dalam konteks inilah, buku When Mystic Masters Meet karya Syafa’atun, Ph.D ini., menjadi sangat penting. Buku ini membahas dua mistikus besar abad Pertengahan dalam Kristen dan Islam, yaitu Meister Eckhart dan Muhyi al-Din Ibn al-‘Arabi. Dua tokoh ini bagi penikmat mysticism cukup akrab. Dua tokoh ini disamping kontroversi, ternyata memiliki ketajaman visi yang mampu memperluas, memperbaharui, merekonstruksi pandangan-pandangan teologis yang telah mapan. Akhirnya karya Ibn al-`Arabi dan Meister Eckhart juga sangat berakar pada kitab suci kanonik sehingga pada saat tertentu mereka seolah menulis komentar atau tafsir terhadap al-Qur’an dan Bible.

Karena itu, jangan lewatkan acara Launching dan Bedah Buku When Mystic Masters Meet; Paradigma Baru Hubungan Umat Kristen-Muslim, yang sebelumnya diawali dengan pemutaran film The Mystic’s Journey (Producer Huston Smith) pada Kamis, 19 Februari 2009 di Lantai 5 Gedung Pascasarjana Universitas Gadjah Mada yang dilaksanakan oleh Religious Issues Forum (Relief) Center for Religious and Cross-Cultural Studies (CRCS) UGM. Contact Person: 08174121513 (Hatim Gazali)

One thought on “Launching Buku& Film “Mysticism””

  1. hmmm pingin sekali datang, terpenting mendapatkan buku itu segera. mesti penelitian “passing over” ini menarik. apalagi Eckhart dan Arabi.

    gimana bung tesisnya nulis apa?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s